Home » » Kelebihan Menggunakan Transportasi Kereta Api

Kelebihan Menggunakan Transportasi Kereta Api

Apa Kelebihan Menggunakan Transportasi Kereta Api ? Sebelum menjawabnya, saya persempit dulu batasannya. Perbandingan yang kami maksud adalah kereta api dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa transportasi darat itu bermacam-macam seperti Bus, Truck, Mobil, Sepeda Motor. Semua menggunakan jalan raya sebagai sarana menempuh tujuan. Berbeda dengan kereta api yang memkai rel sendiri untuk mencapai tempat tujuan.


Jumlah kendaraan tiap hari terus bertambah dan nyaris tidak berkurang. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan, maka akan muncul penumpukan kendaraan di jalan raya atau kita sebut macet. Karena semua kendaraan menggunakan jalan yang sama dengan jumlah yang banyak. Apalagi jalan raya tidak mengalami penambahan alias hanya itu-itu saja. Paling-paling jalannya diperlebar, itupun kalau kondisi jalan selalu baik, maka berefek pada waktu tempuh perjalanan.


Kereta api sebagai transportasi yang memiliki jalan sendiri tentu lebih unggul pada kondisi tertentu. Kami sebut kondisi tertentu karena kereta api juga bisa menjadi transportasi yang menyebalkan dan lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Penyebabnya tidak lain adalah keterlambatan, terjadi gangguan perjalanan, kereta / lokomotif mengalami gangguan, jalan rel yang patah dan lain sebagainya yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

Baca Agar Tidak Salah Naik Kereta, Rugi dan Malunya Itu Lho.


Kelebihan Menggunakan Transportasi Kereta Api


Pada intinya, kereta api akan bisa menempuh waktu lebih cepat dibandingkan dengan transportasi jalan. Dengan kondisi saat ini, kemacetan di titik-titik ramai seperti lampu merah, pasar, jalan sempit dan jalan bergelombang. Salah satu contoh waktu tempuh Surabaya Jogja dengan kereta api ekonomi bisa ditempuh dengan waktu 5-6 jam perjalanan. Itupun keberangkatan dari Pusat Kota menuju Pusat Kota.

Baca Juga Jadwal Kereta Api Dari Stasiun Kediri Terbaru



Kita bandingkan dengan bus umum yang waktu tempuhnya lebih lama 1-1.5 jam karena imbas gangguan di perjalanan tadi. Itupun belum termasuk waktu tempuh dari Pusat Kota seperti misal perjalanan dari Pusat Kota Surabaya ke Bungurasih, atau dari Pusat Kota Jogja ke terminal Giwangan. Kereta api lebhi unggul dalam waktu tempuh.


Soal biaya, kereta api lebih mahal dari pada biaya kendaraan umum seperti bis atau kendaraan pribadi. Untuk keamanan relatif karena kita bisa memilih jenis kelas kereta atau jenis kelas bus yang kita gunakan. Waktu tempuh jelas berefek pada kenyamanan.


Kesimpulannya, anda bisa memilih sendiri mana yang lebih baik untuk menemani perjalanan anda. Bisa menggunakan bus yang lebih murah, atau menggunakan kereta api yang waktu tempuhnya lebih cepat dengan harga lebih mahal. Itulah sekelumit tentang Kelebihan Menggunakan Transportasi Kereta Api dari pada moda transportasi darat lainnya.