Home » » Kereta Api Ekonomi Premium K3 Premium Class

Kereta Api Ekonomi Premium K3 Premium Class

Ada kabar bagus dari PT Kereta Api Indonesia bahwasanya Kereta Api Ekonomi Premium K3 Premium Class 2017 sudah siap digunakan. Hal ini terkait dengan ujicoba rangkaian kedua atau trainset kedua K3 Ekonomi Premium dari Madiun ke Surabaya Gubeng. PT Kereta Api Indonesia mempunyai komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan meremajakan beberapa armada kereta api. Sesuai apa yang dikatakan Pak Jonan dahulu kala, akan ada peremajaan kereta yang usianya diatas sekian tahun. Hal ini benar adanya, dengan memesan trainset dari INKA, langkahnya semakin nyata.

Ada dua trainset yang sudah dijalankan dalam bentuk ujicoba, pertama Ujicoba K3 Premium lintas Madiun Cirebon via Semarang. Yang kedua Madiun Surabaya Gubeng lalu dilanjutkan Surabaya Gubeng Malang, Kediri, Kertosono dan Madiun. Untuk ujicoba di Malan ini sekalian uji ketahanan di tanjakan.

Dalam satu trainset K3 Ekonomi Premium Class terdapat 10 kereta penumpang dan satu kereta makan pembangkit. Untuk penomoran trainset pertama mulai dari K3 017 01- K301710 dan MP101701. Sedangkan penomoran di Trainset kedua adalah K301711-K301720 untuk kereta makan MP301702.

Baca Juga Jadwal dan Harga Tiket KA Jakarta Cirebon Terbaru


Kereta Ekonomi Premium
Kereta Ekonomi Premium


Fasiltias kereta ekonomi K3 Premium Class 2017 sedikit berbeda dengan K3 New Image pendahulunya. Pada K3 New Image sandaran kuris statis tidak bisa dirubah. Sedangkan sandaran kursi K3 Premium class bisa dirubah. Jarak pijakakan kaki antar kursi juga sudah mulai longgar, sepertinya direvisi dari K3 New Image.

Fasilitas dan interior K3 Premium Class hampir sama dengan K3 New Image dimana kapasitas tempat duduk 80 kursi. Formasi tempat duduk setengah berhadapan, artinya setengah menghadap laju kereta, setengah membelakangi laju kereta.

Baca Juga Jadwal dan Harga Tiket KA Rajabasa Terbaru


Untuk AC menggunakan AC Sentral, Boogie K10 yang disempurnakan, ada penunjuk suhu, pemecah kaca dalam keadaan darurat dan lain sebagainya.  Demikian penjelasan sinkat mengenai Kereta Api Ekonomi Premium K3 Premium Class yang sebentar lagi beroperasi.