Home » » Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan 2020

Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan 2020

Mudik lebaran 2020 pada Mei 2020 nanti bakal ada Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan. Program mudik gratis Dephub 2020 ini ditujukan kepada bikers/ pemotor yang hendak melaksanakan mudik dengan sepeda motor. Sasarannya adalah mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh pemudik dengan menggunakan sepeda motor. Selain itu untuk mengurangi angka kecelakaan pemudik dengan sepeda motor. Mudik motor gratis diangkut kereta api ini start dari Jakarta ke berbagai tujuan seperti Tegal, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya. Ada juga yang ke Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kuotarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo, Madiun, Kertosono, Kediri. Jadi fasiltias mudik gratis motor bisa anda manfaatkan dengan sebaiknya.  Baca Juga : KA Eksekutif New Image 2017.

Kapan pendaftaran mudik motor gratis dibuka ?


Pendaftaran dibuka Online : mudikgratis.dephub.go.id.

Pendaftaran secara online mulai tanggal = Maret 2020.

Pendaftaran langsung offline dimulai tanggai = Maret 2020.


Catatan: Pendaftaran akan ditutup apabila kuota terpenuhi.

Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan

Rute Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan


Apa persyaratan pendaftaran mudik gratis motor dengan kereta api oleh kemenhub.

Persyaratan Pendaftaran 

1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku.

2. Wajib membawa SIM,STNK dan KTP asli beserta masing-masing fotokopiannya sebanyak tiga (3) lembar.

3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada kendaraan sepeda motor.

4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa oleh masing-masing pemudik.

5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dan dibawa oleh pemudik sendiri.

6. Harus ada penyangga atau standar tangah (standar dua).

7. Harus dipegangi dengan pegangan belakang.

8. Untuk keamanan pengangkutan,tangki bensin harus kosong pada saat diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan pada tangki bbm.

9. Kunci sepeda motor harus diserahkan kepada bagian ekspedisi.

10. Mengisi formulir pendaftaran.

11. Menyerahkan motor H-1 sebelum keberangkatan di Stasiun Jakarta Gudang.

12. Bagi yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi dalam pembelian tiket selama masih tersedia harus tunduk pada persyaratan:

a. Satu unit motor untuk pembelian tiket maksimal 3 orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa dan 1 orang anak dengan usia maksimal 11 tahun).

b. Mengisi formulir isian pembelian tiket.

c. Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang ditunjuk pada hari yang sama.

d. Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti/ tanda terima yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping atau penyerahan motor di Stasiun yang telah ditunjuk.

e. Bukti tanda terima pembatalan tiket tidak dapat dibatalkan, dipindahkan tanggal keberangktannya. untuk itu rencanakan perjalanan anda dengan baik dan benar.

Tujuan Angkutan Motor Gratis,dan Kapasitas Kereta Api:

Lintas Utara: Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi (Stamformasi Lok cc + 8 bagasi) berhenti St. Cirebon Prujakan, St. Tegal, St. Pekalongan, St. Semarang Tawang, St. Ngrombo, St. Cepu, St. Bojonegoro, St. Surabaya Pasarturi akan menggunakan Kereta Api Kertajaya Rangkaian Panjang dengan kapasitas 406 motor.

Lintas Selatan 1: Jakarta Gudang-Kutoarjo (Stamformasi Lok cc + 8 bagasi) berhenti St. Purwokerto, St. Kroya, St. Gombong, St. Kebumen, St. Kutoarjo akan menggunakan Kereta Api Kutojaya Utara Komerisial Tambahan Lebaran dengan kapasitas 464 motor.

Lintas Selatan 2: Jakarta Gudang-Stasiun Solo Jebres/Stasiun Kediri (stamformasi Lok cc + 8 bagasi) berhenti St. Lempuyangan, St Solo Jebres, St Madiun, St Kertosono St. Kediri, Blitar.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call centre Kemenhub Telp: 151 / 021-151 | E-mail: info151@dephub.go.id | Facebook: Kemenhub151 | Twitter: @Kemenhub151 Instagram: kemenhub151.

Manfaatkan fasiltias Angkutan Sepeda Motor Gratis Departemen Perhubungan untuk kenyamanan dan keselamatan anda dalam mudik lebaran tahun 2020 ini. Baca Juga : Info Tiket KA Lebaran 2020.