Home » » Akhirnya Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023

Akhirnya Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023

Akhirnya Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023. Pengerjaan dimulai tahun 2021 silam dengan berbagai macam tantangan dan hambatan tentunya. Setelah 2 tahun pengerjaan tersebut, akhirnya Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang resmi beroperasi per 1 Desember 2023 pukul 02.20 WIB. 

KA Sancaka sebagai kereta yang pertama kali melintas di jalur baru sisi Mojokerto arah Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan Kereta Api Bima dan Turangga. Dilanjutkan dengan Kereta Lokal dan kereta lainnya. 

Awal Swicth Over berimbas pada keterlambatan perjalanan kereta api karena ada antrian di Stasiun Sepanjang. Selain itu diberlakukan juga batas kecepatan untuk melintas di Track Baru dari sisi Mojokerto tujuan Surabaya. Pemberlakuan Taspat berlangsung selama 3 hari, setelah itu perjalanan kereta berangsur normal kembali.

Jalur Mojokerto Sepanjang yang sudah dobel track melengkapi jalur kereta yang sudah DT duluan yakni lintas Cirebon - Jogja, Jogja Solo Madiun, Madiun Jombang Mojokerto. Tinggal menyisakan jalur Sepanjang sampai dengan Wonokromo yang masih single track.

Jalur Ganda Mojokerto

Dobel Track Mojokerto

KA Dhoho


Halangan pembangunan Jalur Ganda SPJ WO terganjal Fly Over Tol Trans Jawa sebelah timur Stasiun Sepanjang dan rumah warga yang mepet dengan rel kereta api.

Manfaat dari Jalur Ganda MR SPJ

Meningkatkan Kapasitas dan Frekuensi: Dengan jalur ganda, kereta api dapat beroperasi dalam dua arah secara bersamaan, memungkinkan peningkatan jumlah perjalanan dan kapasitas angkut.

Mengurangi Keterlambatan: Dengan adanya jalur ganda, terjadi pengurangan keterlambatan karena kereta dari arah yang berlawanan tidak perlu menunggu di stasiun tunggu sementara kereta dari arah lain melewati jalur tunggal.

Meningkatkan Keamanan: Dengan jalur ganda, risiko tabrakan antarkereta yang melintas berkurang karena adanya jalur terpisah untuk perjalanan arah yang berlawanan.

Memangkas waktu perjalanan kereta sehingga perjalanan kereta api bisa lebih cepat.