Home » » Cara Booking Tiket Kereta Api Online

Cara Booking Tiket Kereta Api Online

Berikut ini kami infokan langkah-langakah cara booking tiket kereta api online. Pemesnan tiket kereta api bisa dilakukan dimanapun, kapanpun anda mau karena sistemnya sudah online. Kereta api yang dapat di booking online lewat website adalah KA Jarak Jauh baik komersil maupun ka subsidi. Ada banyak pilihan booking tiket kereta api secara online :

Booking tiket KAI Lewat Website resmi. 
Kunjungi Situs resmi PT KAI : http://tiket.kereta-api.co.id.
Muncul website pemesanan PT KAI dan silakan melakukan booking tiket dengan memilih tanggal keberagnkatan. Kemudian pilih Stasiun Asal, dan Stasiun Tujuan. Untuk pemesanan tiket kereta api ekonomi dari Jakarta silakan masukkan nama Stasiun Pasar Senen, untuk Kelas Eksekutif silakan masukkan nama Stasiun Gambir. Untuk Bandung Kiaracondong dan Bandung, Cirebon dan Cirebon Prujakan, Semarang Poncol dan Semarang Tawang, Yogyakarta dan Lempuyangan, Purwosari dan Solobalapan, Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi.

Cara Booking Tiket KAI Online


Setelah muncul nama kereta api, jadwal keberangkatan, dan status tiket tersedia atau sudah habis serta harga tiket yang tertera. Jika tersedia, maka ada tulisan booking. Lakukan booking tiket kereta api dan ikuti terus tahapannya dengan memasukkan nama anda/nama yang akan bepergian, nomor identitas berupa KTP/SIM/Paspor dan lain-lain.

Pesan Tiket KAI Online


Selanjutnya pilih metode pembayaran, jika pilih ATM maka tersedia pilihan bank yang sudah bekerja sama dengan PT KIA. Notifikasi pembayaran akan dikirim lewat Email yang anda tulis tadi. Pastikan email anda yang masih berfungsi. Jika kurang jelas bisa menghubungi contact center KAI 021-121. Bayarlah sesuai dengan yang tertera pada struk bookingan tadi.

Tipe Pembayaran ATM KAI


Sampai disini anda sudah dapat jatah tiket kereta api walaupun masih dengan kode booking. Setelah mendapatkan kode booking anda bisa mencetak menjadi tiket fisik di mesin cetak tiket mandiri dan loket stasiun. Sudah selesa.

Booking Tiket Kereta Api Online di Mini Market
Nah jika ingin mudah dan cepat silakan booking tiket di mini market seperti Indomaret dan Alfamart. Anda tinggal menginfokan kereta yang di inginkan (ekonomi, bisnis, eksekutif) dan jurusan yang anda pilih. Jika cocok, tinggal bayar dan sudah mendapatkan kode booking dari struk pembelian di mini market tersebut.

Gambar Kode Booking KAI

Setelah itu silakan cetak di mesin cetak mandiri atau di loket stasiun.

Gambar Mesin Cetak Tiket Mandiri

Pemesanan Tiket KAI lewat loket Stasiun.
Bisa juga memesan tiket kereta api di loket stasiun, namun jam pemesanannya di batasi mulai jam 09.00-16.00. Anda tinggal mengisi formulir pemesanan tiket KAI warna biru. Isi nama anda dan nama yang akan dibelikan tiket. Isi pula nomor identitasnya bisa berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar. Untuk anak dibawah usia 10 tahun silakan tulis usianya.

Di kolom nama kereta silakan anda tulis, namun jika tidak mengetahui silakan pilih stasiun asal dan stasiun tujuan, kelas ekonomi, tanggal keberangkatan dan jam keberangkatan. Infokan ke petugas loket jika mengisi formulir kurang lengkap, maka disuruh melengkapi terlebih dahulu.

Jika tiket tersedia, maka anda sudah mendapatkan tiket kereta api yang akan digunakan untuk bepergian.

Booking tiket kereta api online bisa juga dari situs tiket.com/keretaapi, aplikasi android KAIAcces dan lain sebagainya. Intinya Pemesanan tiket kereta api semakin dimudahkan metodenya. Demikian info dan langkah Cara Booking Tiket Kereta Api Online terbaru mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga Tiket KAI April 2019 Turun Harga.


0 komentar: