Home » » Bagaimana Cara Menjadi Masinis Kereta Api Indonesia

Bagaimana Cara Menjadi Masinis Kereta Api Indonesia

Lowongan kerja BUMN sebagai masinis kereta api dapat anda simak di sini. Sebenarnya Bagaimana Cara menjadi masinis Kereta Api Indonesia?Syarat dan Prosedur yang dijalani apa saja?. Kira-kira pertanyaan seperti itulah yang sering muncul dari adik-adik sekalian yang ingin menjadi serorang Masinis KAI. Tentu Profesi ini sangat bagus dan mulia, karena terkait dengan pelayanan (hati), keselamatan, dan memudahkan mobilitas orang lain (dari satu kota ke kota lain, penulis).

Bagaimana Cara Menjadi Masinis Kereta Api Indonesia

Cara Menjadi Masinis Kereta Api Indonesia tentunya harus mengikuti serangkaian test yang diselenggarakan oleh PT KAI dan Mengikuti Ujian kelayakan dari Dirjen Perkeretaapian (kemenhub). Yang terpenting itu harus mengikuti test dengan tahapan yang telah di tentukan ketika ada lowongan test Masinis PT Kereta Api Indonesia.

Kemudian setelah dinyatakan lulus test, akan ada Pendidikan dan Pelatihan di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) milik PT KAI. Setelah Lulus dalam diklat tersebut, tidak langsung jadi masinis/asisten masinis. Setelah itu ada ujuan Awak Sarana Perkeretaapian oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub. Intinya harus diuji kelayakan, kesehatan, test sinyal dan test yang berhubungan dengan kondisi lapangan (lintasan rel).

Tidak gampang memang menjadi masinis, karena tugas berat menanti anda. Mengantar penumpang (yang banyak) dengan selamat dan tentunya dengan nyaman. Menaati semboyan, belum lagi kalau ada trobel pada lokomotif, kendaraa, binatang yang melintas secara tiba-tiba dan lain-lain.

Kesimpulannya :
Menjadi masinis adalah profesi yang bagus dan mulai. Untuk menjadi masinis ada serangkaian test dari PT KAI, kemudian setelah lulus test ada diklat dari PT KAI dan Ujian kelayakan oleh Dirjen Kemenhub sebelum diterjunkan langsung kelapangan.